Bastakiya, Dubai

<p>Map<strong>: </strong>Bastakiya, Dubai</p>


Bastakiya atau yang sering disebut dengan Al Bastakiya merupakan area bersejarah di Kota Dubai. Daerah ini merupakan pemukiman tertua di Dubai. Lokasi dari Bastakiya ini tepat bersebrangan dengan pasar emas dan pasar rempah. Pada akhir abad 19 Bastakiya dihuni oleh saudagar saudagar asal Iran. Kini kawasan ini dihuni oleh pemukim asal Pakistan dan BangladeshAl Bastakiya terdiri dari gang gang sempit yang terhubung dengan taman/ruang publik disekitar pemukiman. Namun pada tahun 1970an Bastakiya akan dihancurkan untuk membuat kompleks perkantoran yang baru.



Pada 1989 Bastakiya rencananya akan dihancurkan keseluruhan, Namun berkat Arsitek asal Inggris yaitu Rayner Otter Bastakiya tidak jadi dihancurkan melainkan dijaga keutuhannya sebagai situs bersejarah. Akhirnya pada 2005 Dubai sepakat untuk melestarikan daerah ini dan memulihkan daerah daerah yang telah hancur.

Pemukiman di kampung ini berbentuk kotak kotak dengan warna khas gurun. Kemudian di beberapa sudut kampung terdapat Barjil. Barjil adalah menara segi empat yang berfungsi sebagai pendingin alami pada rumah rumah pada masa lampau.


Image result for barjeel

Tower angin tradisional ini merupakan elemen arsitektur tradisional dari persia, dimana menara ini terdapat ventilasi alami dan pendingin pasif untuk mendinginkan ruang dalam bangunan. Menara angin ini menjulang keatas dan terbuka di ke empat sisinya, hal ini berfungsi untuk mendapatkan angin dari empat arah angin. Angin disekitar bangunan akan bertabrakan dan masuk ke dalam barjil kemudian tersalurkan keseluruh area bangunan.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar: