Burj Khalifa, Dubai



Burj Khalifa yang artinya Menara Khalifa adalah sebuah gedung pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pada 4 Januari 2010. Ketinggian dari gedung ini mencapai 828 m, yang membuat bangunan ini menjadi gedung tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Burj Khalifa terdiri dari 160 lantai.

Gedung ini dibangun dari tahun 2004, pencetusnya adalah Syeikh Mohammad bin Rasyid Al Maktoum. Awalnya Burj Khalifa bernama Burj Dubai namun akhirnya diganti menjadi Burj Khalifa dengan tujuan untuk menghormati Presiden Khalifa bin Zayed Al Nahyan karena ikut membantu pendanaan dalam pembuatan Burj Khalifa. Dalam pembangunan Burj Khalifa, Dubai sedang krisis ekonomi dan akhirnya dana bantuan datang dari Presiden Khalifa bin Zayed Al Nahyan.

Image result for khalifa bin zayed al nahyan

Konsep desain dari Burj Khalifa sendiri berasal dari sistem Arsitektur Islam. Desain bangunan ini adalah gabungan dari unsur budaya dan sejarah wilayah Dubai. Terdapat 3 fungsi di Burj Khalifa, yaitu sebagai hotel, perkantoran, dan juga residensial. Hubungan antara Burj Khalifa dengan budaya dan sejarah adalah dekatnya Dubai dengan modernisasi dan dijelaskan bahwa budaya dan pariwisata adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Desain bangunannya mengadaptasi bentuk Bunga Hymenocallis dari Yunani. Dalam pengerjaanya dikerahkan sekitar 12.000 pekerja untuk melaksanakan proyek ini

Image result for burj khalifa construction

Salah satu sistem struktur yang digunakan Burj Khalifa adalah Tube in Tube. Beton yang digunakan dalam pembangunan Burj Khalifa mencapa 110.000 ton, atau setara dengan 100.000 gajah. Pondasi Burj Khalifa terdiri dari 192 tiang pancang yang terkubur lebih dari 50 m di bawah tanah.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar: